MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL EDUCATION COINS OF MATHEMATIC COMPETITION (E-COC) PADA PESERTA DIDIK KELAS X

LESTARI, YUNIA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL EDUCATION COINS OF MATHEMATIC COMPETITION (E-COC) PADA PESERTA DIDIK KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRPISI YUNIA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya berpikir kritis peserta didik dapat disebabkan oleh kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, sulit dalam memahami soal yang diberikan, masih rendahnya minat peserta didik untuk menghapal rumus sehingga dapat menghambat peserta didik dalam penyelesaian soal. Upaya agar kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dapat berkembang lebih baik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Education Coins Of Mathematic Competition (E-COC) merupakan salah satu model pembelajaran tipe kooperatif yang dikembangkan berisi soal dan permainan kuis edukasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X melalui penerapan model Education Coins Of Mathematic Competition (E-COC). Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Uji prasyarat analisis dilakukan dengn metode Liliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas dan N-Gain. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett dan N-Gain, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal homogen dan terdapat peningkatan pada N-Gain. Sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh = pada N-Gain, sedangkan . Oleh karena maka H0 ditolak H1 diterima, artinya ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan model Education Coins Of Mathematic Education (E-COC) dan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Education Coins Of Mathematic Education (E-COC) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:53
Last Modified: 13 Sep 2018 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item