PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

SUNAIYAH, S (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SUNIYATI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X Kimia Industri 3 Di SMK SMTI Bandar Lampung disebabkan karena siswa belum mampu mengembangkan pengetahuannya sendiri. Selain itu model pembelajaran yang digunakan selama ini masih kurang tepat, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dalam proses pembelajaran siswa dituntut dapat mengungkapkan ide/pendapatnya didepan siswa lainnya yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Hal ini membuat siswa lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan berupa ide/pendapat yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari, sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK SMTI Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK SMTI Bandar Lampung. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kimia Industri 3 sebagai kelas eksperimen dan Kimia Industri 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan metode penelitian ini adalah eksperimen, dimana menggunakan design penelitian pretest posttest contol group design. Dengan menggunakan dua macam variabel: independent variable yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan dependent variable yaitu hasil belajar siswa. Temuan dilapangan, berdasarkan hasil uji liliefors dan uji fisher diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t, yaitu diperoleh Thitung = 3.881 sedangkan Ttabel = 2001 dengan taraf signifikan = 0,05 (5%). Oleh karena itu Thitung >Ttabel, maka HI diterima dan HO ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi haji dan umrah siswa kelas X SMK SMTI Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:46
Last Modified: 13 Sep 2018 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item View Item