PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI TK BHAKTI KESUMA SUKABANJAR GEDONG TATAAN PESAWARAN

RANI, ATIKA JULIA (2018) PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI TK BHAKTI KESUMA SUKABANJAR GEDONG TATAAN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Media kartu bergambar yang dapat memberikan kontribusi yang kongkrit tentang masalah yang diambarkannya sehingga dapat memperngaruhi masa perkembangan anak di berbagai aspek kecerdasan anak, termasuk mengembangkan kognitif. Perkembangan kognitif pada anak usia dini cenderung diartikan sebagai kecerdasan yang sama dengan kecerdasan logika anak,Berdasarkan latar belakang masalah di atas,Adapun rumusanmasalah yang penulis ajukan “Apakah Penerapan media kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan di TK Bhakti Kesuma Sukabanjar Gedongtataan Pesawaran” ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan melalui Penerapan media kertu bergambar dalam mengembangkan kemampuan mengenal bilangan di TK Bhakti Kesuma Sukabanjar Gedongtataan Pesawaran. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas B di TK Bhakti Kesuma Sukabanjar Gedongtataan Pesawaran Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 15 peserta didik. Sedangkan obyek penelitiannya adalah penerapan media kartu bergamabar dalam mengembangkan kemampuan mengenal bilangan.Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan media kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan peserta didik kelas B di Taman Kanak-Kanak Bhakti Kesuma Sukabanjar Gedongtataan Pesawaran, dengan hasil berkembang sesuai harapan mencapai 80%. Hal ini terlihat dari adanya perkembangan kemampuan anak yang telah mencapai indikator perkembangan: Mengucapkan do’a sesudah dan sebelum melakukan sesuatu,Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk,Membiasakan diri berperilaku baik, Mengucapkan salam dan membalas salam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:42
Last Modified: 13 Sep 2018 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item