PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKIDAH AHLAK BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-HIDAYAH KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Handoyo, Okta Fiantri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKIDAH AHLAK BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-HIDAYAH KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI OKTA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pengembangan Media pembelajaran interaktif Akidah ahlak menggunakan macromedia flash pada materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di Mts Al-Hidayah 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap Media pembelajaran interaktif Akidah ahlak menggunakan macromedia flash pada materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII di Mts Al- Hidayah. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) yang mengadobsi model penelitian Brog and Gall, yang meliputi 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Ujicoba produk 7) Revisi produk 8) Ujicoba pemakaian 9) revisi produk 10) Produksi masal. Penelitian dibatasi pada tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Ujicoba produk 7) Revisi produk. Uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Mts Al-hidayah kecamatan Jati Agung Lampung selatan, dengan jumlah 29 peserta didik, yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu menggunakan lembar validasi berupa angket dan analisis data untuk menghitung skor jawaban berdasarkan skala likert. Kualitas Media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada materi asmaul husna dikategorikan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan guru MTs dengan persentase 83,33% oleh ahli materi, 90,09% oleh ahli media sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu dalam proses pembelajaran. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif ini memperoleh rata-rata 86,98% pada uji coba kelompok kecil dan 90,45% pada uji coba kelompok besar dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:37
Last Modified: 13 Sep 2018 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item