KOMPETENSI GURU DALAM PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NU TANJUNGKARANG

Nurhasanah, N (2018) KOMPETENSI GURU DALAM PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NU TANJUNGKARANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru akidah akhlak merupakan suatu taraf kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru Agama Islam dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik atau pengajaran terhadap para peserta didiknya. Kemampuan itu harus didukung dengan kelengkapan dalam proses belajar mengajar sebagai rutin pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan. Kompetensi guru mata pelajaran sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan keberhasilan proses belajar mengajar pelajaran akidah akhlak secara maksimal sebagai pendidik dan pengajar dalam membentuk insan kamil. Salah satu hal yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pembelajaran adalah proses kegiatan pembelajaran. kegiatan pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru dalam penguasaan materi, Penguasan ini menjadi landasan pokok untuk keterampilan mengajar sebab, penguasaan materi pada guru adanya pengaruh dengan peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar yang optimal hanya mungkin dicapai melalui proses pembelajaran yang optimal, jika guru kurang optimal dalam menguasai materi sulit diharapkan terjadinya peningkatan hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “bagaimana kompetensi guru dalam penguasaan materi mata pelajaran akidah akhlak dan peningkatan hasil belajar di Madrasah Aliyah NU Tanjungkarang?“. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru dalam penguasaan materi dan peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah NU Tanjungkarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif Sumber data Penelitian adalah dua orang guru mata pelajaran Akidah Akhlak, Siswa kelas X, XI IPS dan Kepala Madrasah. Pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, kemudian dilakukan verifikasi dan konfirmasi melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam penguasaan materi mata pelajaran akidah akhlak dan peningkatan hasil belajar di Madrasah Aliyah NU Tanjungkarang cukup baik, namun ada yang belum maksimal, karena guru mata pelajaran akidah akhlak terlihat dalam menjelaskan materi kepada peserta didik masih terpaku dengan isi buku sehingga peningkatan hasil belajar belum maksimal. Dengan beberapa kekurangan yaitu metode yang digunakan masih monoton, sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah masih terbatas sehingga guru kurang kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:34
Last Modified: 13 Sep 2018 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item