PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN PENGGUNAAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Putra, Hernanda Dwi (2017) PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN PENGGUNAAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SRIPSI_NANDA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Prestasi peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal antara lain adalah pembiayaan pendidikan dan penggunaan internet dalam pembelajaran, kedua faktor tersebut memungkinkan mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik. Pembiayaan pendidikan dan penggunaan internet dalam pembelajaran yang baik juga memungkinkan hasil belajarnya pun baik. Peneliti mengidentifikasikan masalah yang ada di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung yaitu: pembiayaan pendidikan SMP Al-Kautsar Bandar Lampung terbilang tinggi, penggunaan internet peserta didik kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung kurang maksimal, dan hasil belajar peserta didik SMP Al-Kautsar Bandar Lampung sangat kompetitif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan pendidikan dan hasil belajar, pengaruh penggunaan internet dalam pembelajaran dan hasil belajar, pengaruh pembiayaan pendidikan dan penggunaan internet dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung TA 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari jumlah populasi yang dikembangkan oleh Issac dan Michael diperoleh jumlah sampel 170 responden dari jumlah populasi 307 peserta didik kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung TA 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dalam bentuk skala likert. Teknik analisa data dengan statistik deskriptif dan analisis data inferensial yaitu tenik korelasi sederhana, korelasi ganda dan regresi dengan taraf kesalahan 5%. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pembiayaan pendidikan, penggunaan internet dalam pembelajaran dan hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMP Al- Kautsar Bandar Lampung TA 2016/2017 berada dalam kualifikasi baik sampai sangat baik, terdapat hubungan antara pembiayaan pendidikan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dengan nilai r= 0,613 thitung = 14,64 pada taraf signifikansi 5%, nilai p= 0,000 dengan tingkat keeratan “kuat”. Terdapat hubungan antara penggunaan internet dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dengan nilai r= 0,222 thitung = 11,92 pada taraf signifikansi 5%, nilai p= 0,000 dengan tingkat keeratan “rendah”. Sedangkan hasil analisis korelasi ganda didapatkan bahwa pembiayaan pendidikan dan penggunaan internet dalam pembelajaran bersamasama mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama islam dengan nilai r=0,403 thitung = 12,58 pada taraf signifikansi 5%, nilai p=0,000 dengan tingkat keeratan “sedang”. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembiayaan pendidikan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembiayaan pendidikan dan penggunaan internet dalam pendidikan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik. Kata kunci : Pembiayaan Pendidikan, Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:34
Last Modified: 21 Mar 2017 01:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item