SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDHATUL ULUM KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT

KURNIAWATI, K (2018) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDHATUL ULUM KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (73MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah, Guru sebagai salah satu sumber daya dalam pembangunan pendidikan merupakan penentu keberhasilan pendidikan itu sendiri. Dengan demikian maka guru dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan pembelajaran. Upaya pembelajaran harus dimulai dari aspek “guru” dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya, maka perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian. Kegiatan Pembelajaran PAI akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemauan dan usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan dari orang lain. untuk itu dalam memberikan bantuan dan pembinaan kepada guru tersebut, program supervisi menduduki posisi yang sangat penting. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai supervisi kepala sekolah, kegiatan pembelajaran PAI serta peranan supervisi kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Ulum Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data berupa deskriptif mengenai supervisi kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran PAI dan profil sekolah diperoleh dari studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data penelitian menunjukkan supervisi kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Ulum dilaksanakan satu kali selama satu semester, waktu tersebut hanya sebagai formalitas saja karena supervisi dilakukan setiap hari, metode yang digunakan adalah metode kelompok dan individu, aspek yang diamati adalah persiapan mengajar, kegiatan guru dalam proses pembelajaran, hasil pelaksanaan kurikulum yang harus dicapai pada periode tertentu, keaktifan guru dalam menjalankan tugas dan sikap guru. Kegiatan pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Ulum terbilang baik, terbukti dengan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan KBM, menyusun dan menguasai bahan ajar yang dibuat sendiri, menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran. Supervisi kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Ulum relatif efektif terbukti dengan persiapan yang lebih matang yang ditunjukkan oleh guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran, penggunaan metode yang bervariatif dan kreatifitas guru dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:20
Last Modified: 13 Sep 2018 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item