IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATERI TAJWID (MAD ‘ IWADH, MAD LAYYIN DAN MAD ‘ARIDH LISSUKUN) DI KELAS VIII MTS NURUL ULUM PURAJAYA KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Maryani, Siti (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATERI TAJWID (MAD ‘ IWADH, MAD LAYYIN DAN MAD ‘ARIDH LISSUKUN) DI KELAS VIII MTS NURUL ULUM PURAJAYA KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MARYANI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an Peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ulum Purajaya masih tergolong rendah. Terbukti bahwa diantara 17 peserta didik hanya ada 5 peserta didik dengan kategori baik. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pelaksanaan pendidik tentang strategi yang tepat agar peserta didik dapat belajar membaca al-Qur’an dengan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an materi tajwid (mad ‘iwadh, mad layyin, mad ‘aridh lissukun) di Kelas VIII MTs Nurul Ulum Purajaya Kabupaten Lampung Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Qur’an materi tajwid mad ‘iwadh, mad layyin, mad ‘aridh lis-sukun di kelas VIII MTs Nurul Ulum Purajaya Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ulum dapat ditingkatkan dengan upaya implementasi strategi reading aloud. Hal ini dibuktikan kemampuan membaca al-Qur’an ketegori baik dan baik sekali pada siklus I 58,8% meningkat 23,5% dari hasil pra-survei yang hanya 35,3%. Pada hasil post test siklus II kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dengan kategori baik dan baik sekali mencapai 100% meningkat 41,2% dari nilai post test siklus I. Sedangkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dengan kategori cukup pada siklus I adalah 41,2% menurun 11,7% dari hasil prasurvei. Dan pada siklus II kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dengan kategori cukup menurun 41,2 %, dari nilai post tes siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:06
Last Modified: 13 Sep 2018 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item