PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Larina, Ade (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (75MB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 ini didasari oleh adanya beberapa masalah yang ditemukan di lapangan yaitu bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centere), keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran masih kurang aktif. Kurangnya respon terhadap materi yang disampaikan oleh guru memberi dampak terhadap peserta didik dalam pembelajarannya, yaitu sulit untuk berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dan memanfaatkan potensi yang telahdimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dengan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Negeri 1 Bandar Lampung, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII D) yang diterapkan model pembelajaran probing prompting dan kelas kontrol (VIII G) yang menggunakan pembelajaran direct instruction. Populasi pada penelitian seluruh seluruh kelas VIII yang berjumlah 317 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (posttest) dan nontes (dokumentasi). Setelah semua data tes terkumpul, selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis stastik inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran probing prompting berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79,0. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 70,80. Hasil uji t independent diperoleh thitung =5,666 dan ttabel = 1,993, dapat disimpulkan thitung > ttabel maka hipotesisalternatif diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:57
Last Modified: 12 Sep 2018 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item