APLIKASI METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONALPESERTA DIDIK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMAN 1 SUKAU LAMPUNG BARAT

RAHAYU, NITA (2018) APLIKASI METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONALPESERTA DIDIK PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMAN 1 SUKAU LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NITA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gejala yang terlihat pada kenyataan saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode pengajaran yang tradisonal. Pembelajaran tersebut masih di dominasi dengan pendekatan abstrak dan metode ceramah serta pemberian tugas dan Masih jarang yang menggunakan metode dan strategi dalam pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dalam berkomunikasi. Kurangnya komunikasi interpersonal peserta didik interaksi hubungan timbal balik antara peserta didik dengan pendidik, dan antar peserta didik, itu seperti halnya di SMAN 1 Sukau yang peneliti temui pada saat pra penelitian.Sehingga peneliti menyimpulkan untuk meneliti penerapan metode diskusi buzz group dalam meningkatkan komunikasi peserta didik khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam.. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei. Subyeknya adalah siswa kelas XI B dan XI C. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah Aplikasi Metode Diskusi Buzz Group dapat Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik SMAN 1 Sukau Lampung Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan Statistik Deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa maksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari penerapan metode diskusi buzz group mampu meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik dikatakan meningkat. Diliahat dari hasil angket yang telah disebar kepada 60 responden yang telah dilakukan, pembelajaran menggunakan metode diskusi buzz group dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik diperoleh hasil 70% dengan kategori Baik. Peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, cakap dan tanggap dalam berkomunikasi sehingga dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Ada peningkatan dari peserta didik yang biasanya diam kini mulai berani mengemukakan pendapat, peserta didik yang pemalu kini sudah mulai berani berbicara dan berinteraksi baik dengan pendidik dan antar sesama peserta didik .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:43
Last Modified: 12 Sep 2018 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item View Item