MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM LAMPUNG TENGAH

FATCHULLOH, MUHAMMAD (2018) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI M. FATCHULLAH.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan sistem Sekolah Islam Terpadu adalah integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah yang efektif untuk mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral peserta didik, sehingga anak didik lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. SD IT Bustanul Ulum memiliki visi untuk menanamkan panji-panji cinta terhadap Al-Qur’an dan menanamkan keteladanan Rasullullah selain itu SD IT Bustanul Ulum juga berperan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yang berbasis karakter. Proses tersebut tentunya harus melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan berbagai pola tersebut perlu dikembangkan dengan pemberian materi yang meliputi berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipahami maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai berbagai model pembelajaran yang diterapkan di SD IT Bustanul Ulum guna menemukan dan memahami berbagai proses pengembangan karakter untuk meningkatkan kualitas peserta didik yang berkepribadian. Penelitian ini betujuan untuk: mengetahui Model Pembelajaran di SD IT Bustanul Ulum Lampung Tengah. Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan sumber data dan triangulasi metode, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa Tenaga pendidik di SD IT Bustanul Ulum dalam pelajaran pendidikan agama Islam menerapkan metode yang bervariasi sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung. Model pembelajaran tersebut terdiri dari beberapa strategi pembelajaran diantaranya pembelajaran kooperatif (cooperatif learning), ekspositori, inkuiri, dan konstektual. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan problem solving.. Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an terhadap pengembangan karakter siswa yang terdapat dalam visi dan misi SD IT Bustanul Ulum sejalan dengan tujuan dari kurikulum 2013 yang memfokuskan pada pengembangan kepribadian peserta didik yang bekarakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:40
Last Modified: 12 Sep 2018 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item