IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRIYAH SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

FATMAWATI, PEGI (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRIYAH SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PEGI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah sebagai supervisor berperan penting dalam setiap pelaksanaan dan kegiatan yang ada di sekolah, supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk mengkoordinasi dan membimbing secara kontinu pertumbuhan dan perkembangan potensi yang dimiliki guru baik secara kolektif maupun indifidual. Peran kepalamadrasah sebagai supervisor yaitu dengan membantu guru merencanakan program supervisi pendidikan, melaksanakan supervise kepadaguru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat dan mengevaluasi hasil supervisi pendidikan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi pendidikan, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis memerlukan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu kepala madrasah, guru Bahasa Indonesia, Guru Aqidah Akhlak, dan staf TU. Kemudian dianalisis menggunakan analisis data. Penulis dapat mengambil kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu kepala madrasah telah melaksanakan supervisi pendidikan sesuai indikator keberhasilan. seperti kepala madrasah mengarahkan dan membimbing untuk penggunaan metode dan bahan ajar yang sesuai untuk siswa, lalu kepala madrasah mengadakan kunjungan kelas dengan rutin setiap saat beliau mengontrol kelas-kelas dan mengontrol siswa-siswi di MTs Al-Khairiyah, dan kepala madrasah juga mengarahkan penyusunan silabus dan menyelenggarakan rapat rutin untuk evaluasi serta menyelenggarakan penilaian bersama diakhir pelajaran. Mengacu pada indikator maka implementasi supervisi pendidikan di MTs Al-Khairiyah tidak semuanya terlaksana seperti kepala madrasah tidak menentukan metode apa yang akan dipakai guru dan tidak memberikan bantuan terhadap penguasaan materi, dan kepala sekolah juga tidak membuat jadwal dan instrument supervisi dalam pelaksanaan supervisi terhadap guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:20
Last Modified: 12 Sep 2018 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item