PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

LAELA, NUR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Adapun masalahnya dalam penelitian ini yaitu peserta didik kurang antusias (pasif) dalam mengikuti pembelajaran IPA, masalah disebabkan Guru cenderung menggunakan satu model pembelajaran saja sehingga peserta didik menjadi bosan dan tidak tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group to group exchange. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian ini menggunakan desain non-Randomizet Control Group Pretest and Postest Desaign. Rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pegumpulan data dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata posttest 73,5. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata posttest 68,95. Hipotesis uji-t diperoleh thitung > ttabel ( 2,15 > 1,99 ) artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:17
Last Modified: 12 Sep 2018 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item