PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RULUNG RAYA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Fauziyyah, Luthfi Anarani (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RULUNG RAYA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasidi kelas IV SD N 2 Rulung Raya Natar, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan menganggap ilmu pengetahuan alam pelajaran yang. Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas,kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN 2 Rulung Raya Natar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Rulung Raya Natar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran menggunakan alat peraga, kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji–tindependent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung = 1, 876 dan t(0,05;42) = 1,682, sehingga thitung > t(0,05;42) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan bantuan alat peraga dibanding di kelas IV SDN 2 Rulung Raya, peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvesional. Dengan menggunakan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,770 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:27
Last Modified: 04 Sep 2018 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item