PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL FAJAR (Studi pada Anggota BMT Fajar Cabang Bandar Lampung)

AGAMI, BELLA SUCIATI (2018) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL FAJAR (Studi pada Anggota BMT Fajar Cabang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang ketat antar lembaga keuangan syariah menuntut BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) Fajar untuk lebih meningkatkan kinerjanya dan profesionalitasnya sebagai penyedia jasa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Fajar sangat perlu diperhatikan seperti faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis gunanya adalah untuk meningkatkan kualitas produknya dan untuk terus meningkatkan minat anggotanya dalam melakukan pembiayaan murabahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Fajar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pibadi dan faktor psikologis secara parsial dan simultan terhadap keputusan memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Fajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui penyebaran kuisioner kepada 44 anggota pembiayaan murabahah pada BMT Fajar Cabang Bandar Lampung. Tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan faktor psikologis tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Fajar. Perolehan Thitung dari faktor kebudayaan adalah 2,461 > Ttabel 1,682 dengan nilai signifikan 0.018 perolehan Thitung faktor sosial adalah 2,685 > Ttabel 1,682 dengan nilai signifikan 0,011 dan perolehan Thitung faktor pribadi adalah 2,207 > Ttabel 1,682 dengan nilai signifikan 0,033. Sedangkan perolehan Thitung faktor psikologis adalah -0,609 < Ttabel 1,682 dengan nilai signifikan 0,546. Sedangkan, hasIl penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk pembiayaan murabahah pada BMT Fajar dengan perolehan nilai Fhitung 23,390 > Ftabel 2,61 dengan nilai sinifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:09
Last Modified: 04 Sep 2018 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item