PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK RASYIDUL JANNAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MARSITA, DINA (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK RASYIDUL JANNAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DINA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan bahwa dunia anak relevan dengan bermain, maka bermain memiliki peran yang sangat penting dalam proses perkembangan kecerdasan emosional anak. Dalam hal ini bermain peran adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bermain peran yang diterapkan terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak di TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung Metode yang digunakan berbentuk kuantitatif. Metode ini disebuat kuantitatif karena data peneliti berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest and posttest design, suatu kelompok test yang diberikan suatu perlakuan yang sama sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan tertentu. Sample dalam penelitian ini sebanyak 18 peserta didik yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan emosional peserta didik mengalami peningkatan yang terlihat dari hasil pengujian t-test, dimana t-test 14,470,sedangkan nilai t- tabel dengan taraf signifikan 5% = N-1= (18-1) = 17 adalah 1,740 kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai nilai t-test yang diperoleh dalam penelitianini lebih besar dari pada nilai t-tabel (14,470 > 1,740) berarti signifikan. Dapat simpulkan ada perbedaan skor rata-rata kecerdasan emosional anak usia dini di TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung setelah diberi treatment, dimana setelah diberi treatment bermain peran terjadi peningkatan kecerdasan emosional yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum diberikan treatment bermain peran. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian treatment bermain peran memberikan peningkatan yang signifikan terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak di TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Sep 2018 07:42
Last Modified: 03 Sep 2018 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item