PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG

ANDINI, REVI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah, karena proses pembelajaran biologi yang diterapkan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung masih cenderung berpusat pada guru sehingga kemampuan peserta didik untuk berpikir kreatif tidak muncul dan kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik brainstorming terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif ? (2) Adakah pengaruh pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif ? (3) Adakah interaksi antara proses pembelajaran dengan sikap ilmiah peserta didik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik brainstorming terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif (2) pengaruh pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif (3) Interaksi antara proses pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif . Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 2 merupakan kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 merupakan kelas kontrol. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi.. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu ANAVA 2 jalan sel tak sama. Dari hasil analisis menggunakan uji ANAVA 2 jalan sel tak sama yaitu Fa hitung = 12,37 > Fa tabel = 4,00 sehingga H0 a ditolak, Fb hitung = 11,97 > Fb tabel= 3,15 sehingga H0 b ditolak. Fab hitung = 6,40 > Fab tabel = 3,15 sehingga H0 ab ditolak. Berdasarkan hasil uji analisis dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan yaitu: (1) pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan teknik Brainstorming terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif sebesar 12,37 (2) pengaruh sikap ilmiah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif sebesar 11.97 (3) interaksi antara perlakuan pembelajaran dengan sikap ilmiah peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 6,40.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 03 Sep 2018 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item