GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MI MIFTAHUL HUDA BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR

Fitriani, Erlin (2018) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DI MI MIFTAHUL HUDA BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ERLIN.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah sudah dilakukan, namun setelah gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dilakukan ternyata tidak mengalami perkembangan terhadap guru, ternyata permasalahan yang ada yaitu kepala madrasah jarang atau tidak sering mmelakukan pendekatan-pendekatan terhadap guru, sehingga pelaksanaan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah tidak mengalami perkembangan terhadap guru.. Sehingga dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian skripsi yang berjudul Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Di Mi Miftahul Huda Bandar Agung Lampung Timur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Demokratis Di Mi Miftahul Huda Bandar Agung Lampung Timur, yaitu pendapatnya terfokus, tenggang rasa, memberikan kesempatan pengembangan karir, selalu menerima kritik tenaga pendidik, menciptakan suasana kekeluargaan, mengetahui kekurangan dan kelebihan tenaga pendidik, komunikatif dengan bawahan, tanggap terhadap situasi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan subjek yang diamati yaitu kepala sekolah dan tenaga pendidik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah yang mencangkup Kepala sekolah memutuskan suatu persoalan yang terfokus pada hasil musyawaroh Kepala sekolah harus selalu bersifat tenggang rasa, Kepala sekolah selalu memberikan kesempatan pengembangan karir bawahan, Kepala sekolah selalu menerima kritik bawahan, Kepala sekolah harus bisa menciptakan suasana kekeluargaan, Kepala sekolah mengetahui kekurangan dan kelebihan bawahan, Kepala sekolah bersifat komunikatif dengan bawahan, Kepala sekolah tanggap terhadap situas sudah dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:35
Last Modified: 03 Sep 2018 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4345

Actions (login required)

View Item View Item