PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUKITKEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Abdullah, Romy (2017) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUKITKEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Hasil Belajar Tantangan dunia pendidikan saat ini adalah tantangan bagi guru dalam berhubungan dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru yang terkait, langsung dituntut untuk mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul. Untuk mengantisipasinya diperlukan adanya profil seorang guru PAI yang mampu menampilkan sosok yang kualitas personal atau pribadinya dalam menjalankan tugasnya, karena usaha seorang guru untuk tampil menjadi pribadi yang sesuai harapan anak didiknya, dapat mendorong mereka untuk lebih bersemangat lagi dalam belajar pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bukitkemuning Kabupaten Lampung Utara. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh rxy sebesar 0,527, Berarti 0,527 > 0,254. Adapun untuk persamaan regresinya adalah Y = 19,816 + 0,520X. Dari persamaan regresi tersebut dapat diartikan bahwa nilai Konstanta sebesar 19,816 menunjukkan bahwa jika tidak ada kompetensi kepribadian guru PAI maka hasil belajar peserta didik adalah 19,816. Sedangkan koefisien regresi sebesar 0,520 menunjukkan bahwa apabila kompetensi kepribadian guru PAI bertambah, maka setiap penambahan tersebut akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebesar 0,520. Jadi semakin baik kompetensi kepribadian guru PAI semakin baik pula hasil belajar peserta didik, begitu juga sebaliknya. Setelah diketahui adanya pengaruh antara kedua variabel, maka dilanjutkan dengan mencari nilai koefisien determinasi, untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian memberikan kontribusi terhadap hasil belajar. Dengan demikian besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap hasil belajar adalah 27,77% yang berarti memiliki pengaruh, sedangkan 72,23% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:38
Last Modified: 21 Mar 2017 01:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item