EKSPLORASI SUMBER BELAJAR PADA RANCANG BANGUN RUMAH ADAT LAMPUNG (LAMBAN DALOM) DENGAN PERSPEKTIF ETNOMATEMATIKA

UTAMI, ANGGRAINI (2018) EKSPLORASI SUMBER BELAJAR PADA RANCANG BANGUN RUMAH ADAT LAMPUNG (LAMBAN DALOM) DENGAN PERSPEKTIF ETNOMATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Konsep matematika digunakan untuk mengeksplorasi keberadaan matematika dalam budaya khusunya pada kebudayaan daerah Lampung yaitu Rumah adat Lampung (Lamban Dalom). Kemajuan teknologi membuat kebudayaan semakin terlupakan khususnya pada rancang bangun taradisional yang tentunya mengandung filosofi tersendiri. Filosofi yang terkandung adalah filosofi cerminan keberagaman dalam kehidupan masyarakat yang secara tidak sadar menerapkan konsep etnomatematika yang menjadi dasar tebentuknya berbagai konsep matematika dalam budaya. Sehingga kebudayaan tersebut yaitu rumah adat Lampung (Lamban Dalom) bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui makna filosofis rancang bangun rumah adat Lampung (Lamban Dalom). 2) Mendeskripsikan rancang bangun rumah adat Lampung dalam perspektif etnomatematika yang ditinjau dari aktivitas etnomatematika dan konsep matematika. 3) Mengetahui sumber belajar yang ada pada rancang bangun rumah adat Lampung (Lamban Dalom). Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan rumah adat Lampung (Lamban Dalom). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang digunakan beupa pedoman wawancara , dokumentasi, dan pedoman observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan triangulasi metode, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bagian rumah adat Lampung (Lamban Dalom) memiliki makna filosofis yang mendalam terkait dengan kehidupan masyarakat Lampung baik hubungan dengan manusia maupun sang pencipta. 2) Aktivitas etnomatematika pada rancang bangun rumah adat Lampung (Lamban Dalom) meliputi: aktivitas mengukur, aktivitas menentukan lokasi, aktivitas rancang bangun, geometri dimensi satu, geometri dimensi dua, geometri dimensi tiga, transformasi geometri, bilangan ganjil dan genap dan bilangan rasional. 3) Rumah adat Lampung (Lamban Dalom) dapat dijadikan sumber belajar yang disesuaikan pada kurikulum K13 pada kelas VII SMP, VIII SMP dan kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:44
Last Modified: 29 Aug 2018 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item View Item