PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR “ALAT TRANSPORTASI” UNTUK MENSTIMULASI ASPEK BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL ANELI BANDAR LAMPUNG

NURJANAH, EKA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR “ALAT TRANSPORTASI” UNTUK MENSTIMULASI ASPEK BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL ANELI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EKA NURJANAH.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dikembangkannya media buku bergambar “alat transportasi” yang mampu menstimulasi aspek bahasa pada Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar “alat transportasi” untuk menstimulasi aspek bahasa pada Anak Usia Dini, mengetahui kelayakan dari media buku bergambar “alat transportasi” untuk menstimulasi aspek bahasa pada Anak Usia Dini. Dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media buku bergambar “alat transportasi”. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall, subjek dalam penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Raudhatul Aneli Bandar Lampung dengan instrumen pengumpul data berupa angket yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan pendidik di Taman Kanakkanak Raudhatul Aneli, untuk menguji kualitas buku bergambar dilakukan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap buku bergambar, jenis data yang dihasilakan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman criteria penilaian untuk menentukan kualitas buku bergambar yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media buku bergamnar “alat transportasi” untuk menstimulasi aspek bahasa Anak Usia Dini, berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat menarik, penilaian ahli bahasa mendapatkan persentase 80% dengan kategori menarik. Penilaian ahli media mendapatkan persentase 83% dengan kategori sangat menarik. Sedangakan penilaian respon pendidik Taman Kanak-kanak Raudhatul Aneli mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat menarik. Dan respon peserta didik antara lain : uji coba skala kecil mendapatkan persntase 64% dengan kategori menarik, uji coba lapangan mendapatkan persentase 94% dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:21
Last Modified: 28 Aug 2018 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item