PENERERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MI AL-MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG

PRANATA, DANI (2018) PENERERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MI AL-MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Dengan tugas mendidik seorang peserta didik. Begitu halnya dengan hasil belajar, khususnya pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Akan tetapi pada kenyataannya, terlihat bahwa hasil belajar peserta didik khususnya kelas V di MI Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong rendah, sedangkan pendidik sudah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah dan mencatat, namun hasil belajar peserta didik kelas V masih saja banyak peserta didik yang belum bisa mencapai KKM. Maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan Strategi Crossword Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui penerapan strategi Crossword Puzzle permasalahan yang akan di bahas yaitu hasil belajar peseta didik. jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, Penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi Crossword Puzzle pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal itu dilihat berdasarkan hasil belajar pada Pra siklus sebesar 42% meningat menjadi 58% pada siklus I, kemudian hasil belajar pada siklus II sebesar 83% yang mengalami peningkatan dari siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:34
Last Modified: 27 Aug 2018 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item