EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI DI RA ISMARIA BANDAR LAMPUNG

SUSANTI, SUSI (2018) EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI DI RA ISMARIA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SUSAN.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Nilai- nilai Agama salah satu aspek kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada jenjang pendidikan di Taman Kanak-kanak. Melalui nilai-nilai agama dapat memahami, mempercayai, menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran yang berasal dari sang pencipta dan sebagai pedoman. Namun perkembangan nilai-nilai agama di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung masih kurang atau belum berkembang dengan baik khususnya pada kelas A. Maka metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan nilai-nilai agama anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung. Dengan demikian penulis merumuskan judul penelitian efektivitas metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai agama anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana efektivitas metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai agama anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai agamaanak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah metode tanya jawab yang telah diterapkan oleh guru dalam mengembangkan nilai-nilai agama anak usia dini di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung antara lain:Mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam kegitanan bercerita kepada anak, Mengatur tempat duduk anak, Merupakan pembukaan kegiatan bercerita, Merupakan pengembangan cerita yang ditutur guru, Menetapkan teknik bertutur, Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita. Dengan menerapkan langkah-langkah metode bercerita di Raudhatul Athfal Ismaria Rajabasa Bandar Lampung maka perkembangan nilai-nilai agama anak dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa bercerita telah dilakukan dengan langkah yang baik dan efektif dalam mengembangkan nilai-nilai agama anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:48
Last Modified: 27 Aug 2018 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item