MODEL SUPERVISI KLINIS TERPADU UNTUK PENINGKATAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH

Rohmatika, Ratu Vina (2017) MODEL SUPERVISI KLINIS TERPADU UNTUK PENINGKATAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH. PhD thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam harus mampu meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya terkait dengan guru sebagai tenaga pengajar, sehingga dapat menghasilkan lulusan berkualitas menuju insan kamil yang mampu bersaing di era globalisasi. Namun, sebagian masyarakat masih memandang madrasah dengan sebelah mata atau menganggapnya sebagai lembaga pendidikan ―kelas dua‖. Rendahnya kualitas proses belajar mengajar dan rendahnya kualitas lulusan siswa Madrasah khususnya Madrasah Aliyah (MA) merupakan sebagian dari cerminan kinerja guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah pembinaan oleh kepala sekolah melalui supervisi akademik. Dari beberapa hasil penelitian, banyak guru yang kurang merasa nyaman dengan adanya supervisi akademik sehingga menyebabkan kegagalan dalam pemberian supervisi kepada guru. Oleh karenanya sangat diperlukan pengembangan model yang membuat supervisi lebih manusiawi untuk meningkatkan kinerja guru. Supervisi klinis terpadu adalah salah satu solusi untuk peningkatan kinerja guru dengan lebih manusiawi dan dapat meningkatkan motivasi guru. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui desain model supervisi klinis terpadu untuk peningkatan kinerja guru Madrasah Aliyah. Model Supervisi Klinis Terpadu yang dikembangkan melalui penelitian ini pada dasarnya merupakan pengembangan dan modifikasi dari model supervisi klinis dari Cogan, yang digabungkan dengan konsep lesson study, serta diawali dengan pelatihan SQ yang disesuaikan dengan kondisi keberagamaan di Kabupaten Serang dan Kota Serang, Provinsi Banten. Keseluruhan proses supervisi klinis terpadu dilandasi dengan suasana spiritual, dimana para guru selalu diingatkan bahwa tujuan dari mengajarnya adalah ―hanya karena Allah‖. Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), model supervisi klinis terpadu diuji cobakan secara terbatas dan luas di Madrasah Aliyah di Kabupaten Serang dan Kota Serang, Provinsi Banten untuk melihat keberhasilan model ini dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah, kemudian dilakukan evaluasi uji ―t‖ terhadap hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) tiap uji coba menggunakan SPSS ver. 20., serta dilihat keefektifan model ini dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Serang dan Kota Serang. Temuan dari hasil penelitian uji coba terbatas dan uji coba luas memberikan gambaran supervisi klinis terpadu dapat meningkatkan kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari selalu meningkatnya nilai rata-rata hasil PKG (Penilaian Kinerja Guru) dari guru pada tiap uji coba dan nilai ―t‖ hitung dari hasil PKG selalu lebih besar dari ―t‖ tabel dalam setiap uji coba, baik pada uji coba terbatas maupun uji coba luas. Dari penelitian juga ditemukan fenomena bahwa para guru merasa bahagia dengan adanya proses supervisi klinis terpadu, sehingga peningkatan spiritual, pengetahuan dan pengalaman guru menjadi lebih baik. Dengan demikian, model supervisi klinis terpadu dapat dijadikan salah satu alternatif yang baik untuk pelaksanaan supervisi di Madrasah Aliyah dalam rangka meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:16
Last Modified: 10 Sep 2019 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item