PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS EKSPERIMEN IPA KELAS V SD/MI

Lestari, Ega Ayu (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS EKSPERIMEN IPA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Eksperimen adalah percobaan yang tersistem dan terencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari). Penggunaan LKPD berbasis eksperimen dalam pembelajaran dibeberapa Sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah belum berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan karena LKPD yang ada belum sesuai dengan fungsi sebenarnya, yaitu sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan, itulah salah satu fungsi LKPD, namun LKPD yang ada saat ini hanya bersifat pengetahuan saja, tanpa disertai dengan praktik atau percobaan, kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. LKPD yang ada hanya bersifat kognitif dan belum berbasis eksperimen. LKPD yang digunakan masih sangat sederhana dari segi desain. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian pengembangan LKPD berbasis eksperimen IPA kela V SD/MI. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa LKPD IPA berbasis eksperimen, mengetahui respon kelayakan LKPD, dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD IPA berbasis eksperimen pada materi organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD/MI. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R & D), ada 7 tahapan dalam penelitian ini, yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar LKPD berbasis eksperimen IPA kelas V SD/MI pada materi organ tubuh manusia dan hewan. Bahan ajar LKPD memperoleh persentase kelayakan dari ahli materi 84,60 % dengan kriteria sangat layak, hasil telaah oleh ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 84,4 % dengan kriteria sangat layak, kelayakan bahan ajar LKPD dari ahli media 82,2 % dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli praktisi memperoleh persentase 78,09 % dengan kriteria layak. Respon peserta didik dari uji coba skala kecil 90,22 % dengan kriteria sangat layak, sedangkan skala besar memperoleh persentase 82,47 % dengan kriteria sangat layak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis eksperimen IPA kelas V SD/MI sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:37
Last Modified: 16 Aug 2018 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item