PENGEMBANGAN E - MODULE BERBASIS EXE-LEARNING BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII

Kurniasari, Intan (2018) PENGEMBANGAN E - MODULE BERBASIS EXE-LEARNING BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI INTAN KURNIASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu yang mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pra-penelitian dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi didapatkan bahwa dalam pembelajaran matematika di kelas pendidik belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan peserta didik menginginkan pembelajaran matematika yang menarik yaitu media pembelajaran berupa e-module (modul elektronik) dan peserta didik tertarik jika modul elektronik dikaitkan dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module yang bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang dan menjelaskan cara pengembangan emodule dengan menggunakan program Exe-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan oleh Thigarajan dkk yaitu 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). E-module yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, e-module yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan setelah melalui validasi oleh ahli materi dengan skor rata-rata 3,88 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,90. Sedangkan pada tahap uji coba produk, oleh respon pendidik diperoleh skor rata-rata 3,08 dengan kriteria menarik dan respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 3,52 dengan kriteria sangat menarik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis exe-learning bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:20
Last Modified: 16 Aug 2018 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item