EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

WATI, LIDIA (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LIDIA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar adalah kemampuan peserta didik yang tidak bergantung pada orang lain, mengerjakan tugas dengan kemauan sendiri, menjaga diri sendiri, memulai kegiatan tanpa harus selalu diberi tahu apa yang harus dilakukan, selain itu peserta didik bisa mengambil keputusannya sendiri, mempunyai rasa percaya diri untuk menyampaikan gagasan, ide, dan inisiatif dalam setiap permasalahan yang dihadapi, dan mempunyai tanggung jawab sendiri dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan taknik modelling efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode desain eksperimen quasi. Desain eksperimen quasi yang di gunakan adalah nonequlvalent prettest-posttest group design, yaitu jenis desain yang biasanya dipakai pada eksperimen yang menggunakan kelas-kelas yang sudah ada sebagai kelompoknya, dengan memilih kelas-kelas yang diperkirakan sama keadaan atau kondisinya. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 peserta didik Kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung yang memiliki kategori kemandirian belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Zhitung Kelompok eksperimen dan Zhitung kelompok kontrol (2.677b> 2.666b) hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sebab itu terdapat nilai rata-rata kelas pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (95.78>83.44) Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modelling (live model) efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:04
Last Modified: 16 Aug 2018 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item