PENGEMBANGAN ALTERNATIVE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA

Ariani, Juita (2018) PENGEMBANGAN ALTERNATIVE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa masih banyak pendidik yang memberikan penilaian yang tidak terlepas dari paper and pencil tes kepada peserta didik dan penilaian tersebut lebih terfokus pada ranah kognitif saja. Sedangkan penilaian pada Kurikulum 2013 mencakup pada 3 ranah yaitu ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan instrumen alternative assessment dengan scientific approach pokok bahasan Statistika kelas VIII; (2) Mengetahui proses validasi instrumen alternative assessment dengan scientific approach yang telah dikembangkan; (3) Mengetahui respon pendidik terhadap alternative assessment dengan scientific approach yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan alat ukur menurut Rijal Firdaous yang dilakukan dari tahap 1 hingga tahap 8, yaitu: (1) Pengembangan spesifikasi alat ukur; (2) Penulisan pernyataan atau pertanyaan; (3) Penelahaan pernyataan atau pertanyaan; (4) Perakitan instrumen (keperluan uji-coba); (5) Uji-coba, analisis hasil uji-coba; (6) Seleksi dan perakitan instrumen; (7) Administrasi instrumen (bentuk akhir); (8) Penyusunan skala dan norma. Instrument penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan instrumen alternative assessment dengan scientific approach dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist dan angket respon pendidik sama seperti angket untuk validasi ahli. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini: (1) instrumen alternative assessment dengan scientific approach pokok bahasan Statistika kelas VIII. (2) Kelayakan instrumen alternative assessment dengan scientific approach yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli evaluasi sangat baik dengan skor setelah revisi masing-masing 77,77% dan 96,66%. (3) Respon pendidik pada uji coba produk adalah “sangat layak” dengan skor 96,13%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument alternative assessment dengan scientific approach yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternative untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:35
Last Modified: 15 Aug 2018 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item