PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG

Handayani, Hilda (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI HILDA.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran melalui software program Macromedia Flash pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 3 Baradatu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi, Ahli bahasa dan respon Peserta Didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur dari metode ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Baradatu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Ahli materi, angket Ahli media, angket Ahli bahasa dan angket respon Peserta Didik. metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : (1) Hasil utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dalam pembelajaran matematika. (2) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dengan bantuan aplikasi photoshop dan Ms. Power Point. (3) validasi desain, Hasil penilaian para Ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket Ahli media, Ahli materi dan Ahli bahasa media pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 kali tahap validasi. Validasi akhir dari Ahli materi mencapai skor rata-rata 3,33 dan Ahli media 3,55 maka dapat disimpulkan media yang dikembangakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Uji coba lapangan, berdasarkan hasil analisis angket respon Siswa pada uji skala kecil memperoleh skor 3,68 dan pada uji coba lapangan memperoleh skor 3,40 maka dapat disimpulkan kemenarikan media pada kategaori sangat menarik. Berdasarkan semua ini, maka dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:27
Last Modified: 15 Aug 2018 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item