ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Baitut Tamwil Muhammadiyah BiMU Bandar Lampung)

Wulandari, Siti (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Baitut Tamwil Muhammadiyah BiMU Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman di Indonesia, maka sistem perekonomian semakin berkembang, salah satu faktor penting dalam perekonomian adalah pemasaran. Persaingan merebutkan pangsa pasar yang sangat ketat membuat BTM BiMU Bandar Lampung harus mengkaji strategi pemasarannya tidak hanya mengandalkan produk yang berkualitas dan harga bersaing tetapi harus didukung oleh upaya-upaya untuk mempromosikan produk dan jasa yang dihasilkan. Dalam rangka memperkenalkan produk serta memperluas pangsa pasarnya, BTM perlu adanya strategi pemasaran yang dianggap paling tempat untuk meningkatkan jumlah anggota, karena strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat dikenal atau tidak oleh masyarakat tergantung pada kegiatan pemasarannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan pembiayaan murabahah di BTM BiMU Bandar Lampung? Dan bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murabahah dalam meningkatkan jumlah anggota di BTM BiMU Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembiayaan murabahah di BTM BiMU Bandar Lampung dan untuk mengetahui startegi pemasaran pembiayaan murabahah dalam meningkatkan jumlah anggota di BTM BiMU Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan mengguanakan penelitian deskriptif kualitatif dan juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research) guna melengkapi data. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan oleh BTM BiMU Bandar Lampung telah sesuai dengan ketentuan Islam dengan melakukan analisis kelayakan menggunakan 5C yaitu character, capacity ,capacital, condition, collateral, penerapan pembiayaan murabahah di BTM BiMU Bandar Lampung sudah sesuai dengan prosedur dan sudah sesuai dengan prinsip syariah yang jauh dari gharar dan syubhat yang dilarang oleh agama dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BTM BiMU Bandar Lampung dalam meningkatkan anggotanya yaitu: meningkatkan kegiatan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat, baik dilakkukan dengan cara door to door maupun silaturahmi di sebuah acara, cara mempromosikan melalui periklanan berupa brosur dan media sosial seperti facebook, Meningkatkan kualitas sumber daya insani dalam proses pelayanan kepada anggota (sasaran untuk semua produk), BTM BiMU Bandar Lampung memberikan reward/apresiasi kepada anggota khususnya untuk produk simpanan idul fitri yang meningkat jumlah saldo tabungannya. Dan dalam kegiatan pemasarannya BTM BiMU juga mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix), 7P yaitu: product, price, place, promotion, people, physical Evidence, dan prosess.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:47
Last Modified: 14 Aug 2018 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item