ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi pada Anggota BTM BIMU di Pasar Tradisional Way Dadi Sukarame Bandar Lampung)

WILIYANTI, NOVI (2018) ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi pada Anggota BTM BIMU di Pasar Tradisional Way Dadi Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

BTM BIMU adalah suatu lembaga ekonomi rakyat kecil yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dengan sistem bagi hasil untuk meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha kecil berdasarkan prinsip syariah dan prinsip koperasi dalam rangka upaya mengentaskan kemiskinan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya tidak sedikit ada masalah-masalah yang dihadapi yaitu salah satunya adalah kepercayaan nasabah dalam menggunakannya sehingga perlu usaha serius untuk menghadapinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah faktor lingkungan sosial budaya berpengaruh terhadap keputusan pedagang dalam penggunaan BTM BIMU Way Dadi Sukarame Bandar Lampung, dan apakah faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pedagang dalam penggunaa BTM BIMU Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor lingkungan sosial budaya dan faktor psikologis berpengaruh terhadap penentu keputusan pedagang dalam penggunaan lembaga keuangan mikro syariah BTM BIMU Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. Pada penelitian ini penulis memilih objek penelitian pedagang di pasar tradisional Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin. Teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi linier berganda melalui program SPSS 17.0 dengan taraf signifikan 10%. Kesimpulan yang dihasilkan dari analisis penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) membuktikan bahwa faktor lingkungan sosial budaya sangat berpengaruh positif terhadap penentu keputusan pedagang dalam penggunaan lembaga keuangan mikro syariah. Diketahui dari hasil thitung yaitu 2,039 > 1,29136 ttabel yang menunjukan signifikan. (2) membuktikan bahwa faktor psikologis sangat berpengaruh positif terhadap penentu keputusan pedagang dalam penggunaan lembaga keuangan mikro syariah. Diketahui dari hasil thitung 2,636 > 1,29136 ttabel yang menunjukan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:42
Last Modified: 13 Aug 2018 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item