PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI TURUNAN BERNUANSA KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING

Lestari, Bella Dwi (2018) PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI TURUNAN BERNUANSA KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesulitan mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah kalkulus menjadi masalah yang melatar belakangi penelitian ini, bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan masih minim, bahasa yang digunakan dalam bahan ajar pun kurang komunikatif dan mahasiswa belum menemukan sendiri pemahamannya dalam bahan ajar tersebut sehingga mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul yang dihasilkan, yaitu modul kalkulus pada materi turunan bernuansa keislaman dengan pendekatan penemuan terbimbing. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model 4D oleh Thiagajaran. Tahapan yang dilakukan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,75 dengan kriteria valid, pada aspek penemuan terbimbing memperoleh rata-rata skor 3,78 dengan kriteria valid, dan aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 3,62 dengan kriteria valid. Validasi ahli media pada aspek ukuran modul memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, aspek desain kulit modul memperoleh rata-rata skor 3,3 dengan kriteria valid dan pada aspek desain isi modul memperoleh rata-rata skor 3,8 dengan kriteria valid. Validasi ahli nilai-nilai agama Islam pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,78 dengan kriteria valid, aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria valid, dan pada aspek penekanan-penekanan materi memperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria valid. Pada uji kemenarikan secara terbatas ke mahasiswa memperoleh rata-rata skor sebesar 3,56 dengan kriteria sangat menarik, sehingga berdasarkan penilaian validator dan uji coba terbatas modul yang dihasilkan masuk dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:45
Last Modified: 02 Aug 2018 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item