KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAKKELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG

SELFIANA, DWIMA (2018) KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAKKELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat belajar peserta didik disekolah MIN 5 Bandar lampung masih kurang, maka akan menyebabkan pembelajaran tidak aktif, dan akan berdampak pada hasil belajar. Maka oleh sebab itu kita sebagai pendidik harus bisa membangkitkan minat belajar peserta didik. Kita juga sebagai pendidik harus bisa meningkatkan minat belajar merupakan hal yang paling penting dalam diri setiap manusia supaya tercapainya tujuan yang dituju oleh seorang pendidik, terutama dalam diri peserta didik untuk mempunyai rasa semangat dalam belajar. Seorang pendidik yang baik mampu membangkitkan minat belajar. Namun setiap setiap mata pelajaran berbedabeda tingkat kesulitannya, Jadi untuk membangkitkan minat belajar dengan adanya dorongan belajar yang kuat terutama dari pendidik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah korelasi minat belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak ? dan Seberapa besar korelasi minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain korelasi. Dalam penelitian yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas IV semester genap. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang telah penulis uraikan pada bab IV dalam laporan dan pembahasan, maka dapat simpulkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis variabel minat belajar dan hasil belajar terdapat korelasi diantara keduanya. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan SPSS yang didapatnilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat korelasi yang berarti antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 5 Kota Bandar Lampung. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah peneliti lakukan korelasi minat belajar terhadap hasil belajar sangat besar korelasinya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji coba soal yang peneliti berikan pada saat penelitian berlangsung, nilai yang dicapai oleh peserta didik kelas VI A sebagai sampel yang terpilih mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:35
Last Modified: 01 Aug 2018 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item