PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs MARDHOTILLAH KEC. PESISIR SELATAN KAB. PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Lesdia , Pera (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs MARDHOTILLAH KEC. PESISIR SELATAN KAB. PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_full.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan pengetahuan seorang guru, meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, guru yang berkompetensi tinggi diharapkan akan dapat memberi motivasi belajar yang tinggi pada peserta didik. Untuk dapat mempunyai kompetensi yang tinggi seorang guru harus mempunyai pendidikan yang tinggi, betapapun tinggi kompetensi guru jika siswa tidak termotivasi untuk belajar maka akan tiada artinya. Adapun rumusan masalah adalah “adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mardhotillah” tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik Guru aqidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mardhotillah”. Jenis penelitian yang digunakan adalah (field research). Penelitian ini dilakukan di MTs Mardhotillah yaitu mengenai kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar peserta didik. Dilihat dari sifatnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif riset yang mengklarifikasikan data yang bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, observasi, interview, dan dokumentasi. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Mardhotillah yang berjumlah 170. Sedangkan yang menjadi sampel adalah 55 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, telah diketahui bahwa rxy = 0,737, bila dikonsultasikan kedalam “r” tabel berada pada taraf korelasi 0,70-0,90 yang menunjukkan taraf korelasi yang baik atau tinggi. Dengan istilah lain terdapat pengaruh yang tinggi diantara kedua variabel tesebut. Sedangkan untuk mengetahui taraf nyatanya diuji dengan uji “t” maka diperoleh t = 7,936 dengan taraf signifikan 5% dan 1 % menunjukkan angka sebesar 2,01 < 7,936 > 2,68. Yang berarti bahwa adanya pengaruh yang nyata antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Sedangkan pengujian koefisien determinasi didapat nilai sebesar 54,3%. Hal ini menunjukkan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi peserta didik sebesar 54,3% dan 45,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:19
Last Modified: 17 Mar 2017 01:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item