SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDA’IYAH BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Apriawan, Nuzula (2018) SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDA’IYAH BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Full Day School adalah salah satu program unggulan yang dirintis oleh beberapa sekolah yang ada di Indonesia. Program ini merupakan sebuah model pendidikan alternatif, di mana peserta didik sehari penuh berada di sekolah untuk melakukan proses pembelajaran dan proses beribadah. Dengan tersedianya waktu yang cukup lama dilingkungan sekolah peserta didik perlahan-lahan akan terbiasa dengan kehidupan yang mandiri, dan menumbuhkan sikap kebersamaan dan kesadaran beribadah serta sikap positif lainnya yang dapat menjadikan peserta didik menjadi lebih baik. MI Babul Hikmah adalah salah satu sekolah yang menerapkan full day school. Berdasarkan pra survei yang dilakukan peneliti di MI Babul Hikmah Kalianda, peneliti melihat siswa yang banyak dan peningkatan jumlah siswa pada tiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahui input, proses serta output sistem full day school di MI Babul Hikmah. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini berupa data primen dan data sekunder, diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi wawancara dan triangulasi. Proses analisis data adalah dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa sistem full day school di MI Babul Hikmah berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan input yang dimiliki berupa kepala sekolah, guru, siswa, visi, tuju, silabus, program kerja sekolah dan manajemen yang baik. Proses yang dijalankan dengan SDM dan model pembelajaran yang dilakukan berjalan baik. Output dari MI Babul Hikamah adalah siswa/siswi yang hafal 2 Juz alqur’an, memiliki akhlaq yang baik, taat beribadah dan diterima disekolah favorit. Implikasi dari penelitian ini adalah, menunjukkan minat masyarakat bersekolah di sekolah agama yang menerapkan full day school meningkat. Memberikan saran kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, dengan mengganti ruang kelas yang sudah tidak layak pakai. Kata kunci: Sistem, input, proses, output

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:27
Last Modified: 31 Jul 2018 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item View Item