PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI SISTEM BILANGAN REAL BERNUANSA KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Fitri Utami, Lintang (2018) PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI SISTEM BILANGAN REAL BERNUANSA KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LINTAN FITRA UTAMI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Matematika berperan di dalam pengembangan teknologi, daya pikir manusia dan berbagai disiplin ilmu. Pembelajaran matematika juga memiliki tujuan mengembangkan kreativitas dan melatih daya pikir siswa dalam penyelesaian masalah, penalaran, pemahaman, dan komunikasi. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum melatih mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul Kalkulus pada Materi Sistem Bilangan Real Bernuansa Keislaman dengan Pendekatan Open Ended. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disssemination). Teknik pengumpulan data pada pengembangan modul ini menggunakan kuesioner (angket) dan divalidasi oleh 5 orang validator kemudian diujicobakan terbatas sebanyak 10 mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, pada aspek ketepatan cakupan memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, aspek pendekatan inkuiri terbimbing memperoleh rata-rata skor 3,42 dengan kriteria valid, dan pada aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 3,4 dengan kriteria valid. Validasi ahli media pada aspek ukuran modul, aspek desain kulit modul dan pada aspek desain isi modul memperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria valid. Validasi ahli materi agama Islam pada aspek kualitas isi, aspek bahasa, dan pada aspek penekanan-penekanan materi memperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria valid. Pada uji coba terbatas oleh mahasiswa pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung pada uji kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,61 dengan kriteria sangat menarik. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Open Ended, Sistem Bilangan Real.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:07
Last Modified: 30 Jul 2018 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item