PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI LIMIT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA NILAI-NILAI KEISLAMAN

Sari, Dian Purnama (2018) PENGEMBANGAN MODUL KALKULUS PADA MATERI LIMIT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA NILAI-NILAI KEISLAMAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan bahan ajar mandiri artinya bisa digunakan atau dipelajari sendiri bagi penggunanya secara mandiri tanpa adanya pengajar membantu agar tercapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami bahan ajar yang digunakan berupa buku cetak. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar khusus yang dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul kalkulus pada materi limit dengan pendekatan problem based learning bernuansa nilai-nilai keislaman. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), developmet (pengembangan), dan dissiminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli agama Islam. Uji coba dilakukan yaitu uji coba terbatas. Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, pada aspek pendekatan problem based learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, dan pada aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli media pada aspek ukuran modul memperoleh nilai rata-rata sebesar 75% dengan kriteria layak, aspek desain kulit modul memperoleh rata-rata sebesar 83,34% dengan kriteria sangat layak dan pada aspek desain isi modul memperoleh nilai rata-rata sebesar 75% dengan kriteria layak. Validasi ahli agama Islam pada aspek kualitas isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 98,21% dengan kriteria sangat layak, aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,75% dengan kriteria sangat layak, dan pada aspek penekanan-penekanan materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba terbatas pada uji kemenarikan memperoleh nilai rata-rata sebesar sebesar 74,17% dengan kriteria menarik sehingga modul layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Pendekatan Problem Based Learning, Limit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:58
Last Modified: 30 Jul 2018 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item