PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Rahma, Aulia (2017) PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AULIA_1-5.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan humanis adalah proses pendidikan yang menganut aliran humanisme, yaitu proses pendidikan yang menempatkan seseorang sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari oleh adanya kesamaan kedudukan manusia, Paulo Freire adalah salah satu tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikannya yaitu pendidikan yang membebaskan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis menurut Paulo Freire dan analisis pemikiran Paulo Freire dalam perspektif pendidikan Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pemikiran pendidikan Paulo Fereire memuat tentang humanisme, tujuan pendidikan dan konsep pendidikan humanis yang didalamnya memuat tentang konsep penyadaran, pendidikan hadap masalah, dan alfabetasi. Adapun hasil analisis pendidikan humanis Paulo Freire dalam perspektif pendidikan Islam yaitu, keduanya mempunyai ciri khas masing-masing, ada beberapa kesesuaian dan ketidaksesuaiaan antara konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan konsep pendidikan dalam prespektif pendidikan Islam, adapun pendidikan humanis Paulo Freire yang sesuai dengan pendididkan Islam yaitu, dalam hal humanisme dan fitrah manusia, sedangkan beberapa pemikiran pendidikan Paulo Freire yang tidak sesuai dengan konsep pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam yaitu, dalam hal tujuan pendidikan dan konsep pendidikan. Pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam lebih unggul dibandingkan dengan pendidikan yang ditawarkan oleh Paulo Freire, kelebihan tersebut yaitu, pendidikan Islam lebih progresif dan mampu mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, pendidikan Islam juga melandasi pendidikannya dengan agama, yang kesemuanya itu tidak dimiliki dalam konsep pendidikan Paulo Freire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:20
Last Modified: 17 Mar 2017 01:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item