PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Khotimah, Khusnul (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI KHUSNUL KHOTIMAH.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung.Penelitian ini dilaksanakan di MI Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung, bulan juni sampai mey 2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung sebanyak 39 siswa. Instrument yang digunakan soal pilihan ganda. untuk mengukur hasil belajar.Penelitian ini menggunakan Model problem based learning (PBL) merupakan salah satu metode yang sangat cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran IPA , karena metode problem based learning (PBL) merupakan metode yang membuat peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis menumbuhkan inisiatif peserta didik. Metode problem based learning (PBL) merupakan salah satu metode yang cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam pembelajaran IPA, karena metode problem based learning ( PBL) merupakan metode yang membuat peserta didik berfikir kritis untuk menjawab soal-soal yang di berikan. Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homogenitas, dan uji t, diperoleh bahwa ada pengaruh metode pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL), hasil siswa memiliki rata-rata skor pretest 56,54 dan posttest 85,3 Adapun untuk kelas kontrol memiliki skor rata-rata hasil belajar pretest 47,21 dan posttest77,10. Kata kunci: Model Pembelajaran problem based learning (PBL), Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:45
Last Modified: 30 Jul 2018 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item