Khotimah, Khusnul
(2018)
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
IPA KELAS IV MI MASYARIQUL ANWAR 4
SUKABUMI BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning
(PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar 4
Suka Bumi Bandar Lampung.Penelitian ini dilaksanakan di MI Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi
Bandar Lampung, bulan juni sampai mey 2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI
Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung sebanyak 39 siswa. Instrument yang
digunakan soal pilihan ganda. untuk mengukur hasil belajar.Penelitian ini menggunakan Model
problem based learning (PBL) merupakan salah satu metode yang sangat cocok digunakan
sebagai alat bantu pembelajaran IPA , karena metode problem based learning (PBL) merupakan
metode yang membuat peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis
menumbuhkan inisiatif peserta didik.
Metode problem based learning (PBL) merupakan salah satu metode yang cocok
digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam pembelajaran IPA, karena metode problem
based learning ( PBL) merupakan metode yang membuat peserta didik berfikir kritis untuk
menjawab soal-soal yang di berikan.
Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homogenitas, dan uji t, diperoleh bahwa
ada pengaruh metode pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar pada
mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Kelas
eksperimen menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL), hasil siswa
memiliki rata-rata skor pretest 56,54 dan posttest 85,3 Adapun untuk kelas kontrol memiliki skor
rata-rata hasil belajar pretest 47,21 dan posttest77,10.
Kata kunci: Model Pembelajaran problem based learning (PBL), Hasil Belajar, IPA.
Actions (login required)
 |
View Item |