PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY DADI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Putri, Elysa Siska (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY DADI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKN dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran kelas V di SDN 1 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Diperlukan pembelajaran yang mampu meningatkan hasil belajar PKN peserta didik kelas V di SDN 1Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung, yang mana dalam penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan media teka-teki silang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada dan seberapa besarkah pengaruh pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PKN Kelas V di SDN 1 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKN kelas V di SDN 1 Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan desain penelitian quasy eksprimen desain. Istrumen yang digunakan instrumen tes berbentuk multiple choice yang sesuai dengan indikator. Instrumen diuji coba dikelas VA di SDN 1 Way Dadi dan di hitung validitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan reabilitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas . Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program computer microsoft office excel yang menggunakan analisis uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi nilai sig =0,000 < 0,05, dengan pengaruhnya Thitung sebesar 2.803386 lebih besar dari ttabel 1.996564. Dengan kesimpulan Hoditolak Sehingga H1 diterima. Hasil uji t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu terdapat pengaruh pendekatan kontruktivisme dengan menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar PKN peserta didik. Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Media Teka-Teki Silang, Hasil Belajar PKN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:31
Last Modified: 30 Jul 2018 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4198

Actions (login required)

View Item View Item