PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG

ROHMATI, NA’TI KHOLIF (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (74MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment, pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 28 Februari sampai dengan 28 Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung yang berjumlah 130 Peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah IV C sebagai kelas eksprimen yang berjumlah 34 peserta didik dan IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes (pretest dan postest) kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Berdaarkan hasil penelitian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 4.621 > 1.997. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap hasil IPA kelas IV MIN 6 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:30
Last Modified: 30 Jul 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item