PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG

Indria, Indria (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peranan pendidik sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan, pendidik berhubungan langsung dengan peserta didik. Pendidik harus bisa merencanakan suatu pembelajaran matematika yang menarik, efektif, dan bermakna. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata matematika peserta didik SMA N 1 Seputih Agung belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan nilai rata-rata peserta didik khususnya kemampuan pemecahan masalah matematik adalah model pembelajaran kooperatif tipe missuori mathematic project Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe missouri mathematis project lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kreativitas tiap peserta didiknya . Dimana dalam penelitian ini bertempat di SMA N 1 Seputih Agung . pada peserta didik kelas XI MIA semester genap. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIA 4,5,6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1,2, dan 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas. Pada akhir pembelajaran, kedua kelompok sampel diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas nya Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode tes dan analisis data yang di gunakan adalah ANAVA 2 dua jalan sel tak sama diperoleh Fa hitung = 59,169 dan Fa tabel = 3,887 , Fb hitung = 155,602 dan Fb tabel = 3,040, Fab hitung = 15,476 dan Fab tabel = 3,040 dilanjutkan dengan uji komparansi ganda dengan metode scheff dan sebagai prasyarat analisis, yaitu populasi berdistribusi normal dengan dengan uji Liliefors dan populasi hamogen dengan metode Barlett. Kriteria uji jika Fhitung > Ftabel dengan taraf signifikasi 0,05 dengan derajat kebebasan 1. Jika H0 di tolak berarti ada pengaruh yang signifikan sedangkan jika H0 diterima berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kreativitas peserta didik SMA N1 Seputih Agung dibandingan dengan model Direct Intruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:21
Last Modified: 27 Jul 2018 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item