Pengembangan Multimedia Adobe Flash CS5 Berbasis STAD Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Pada Manusia Untuk SMP/MTs

Yunita, Reni (2017) Pengembangan Multimedia Adobe Flash CS5 Berbasis STAD Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Pada Manusia Untuk SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH CS5 BERBASIS STAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SMP/MTs Oleh RENI YUNITA Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang dimanfaatkan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung dan SMP Negeri 1 Sukoharjo adalah buku paket dan LKS sedangkan pemanfaatan LCD proyektor dan multimedia masih jarang digunakan. Contohnya multimedia dari Microsoft Power Point yang tampilannya masih sederhana dan masih terdapat kekurangan pada segi materi, bahasa dan multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan multimedia menggunakan adobe flash CS5 berbasis STAD pada pokok bahasan sistem gerak manusia? (2) Bagaimana kelayakan multimedia menggunakan adobe flash CS5 berbasis STAD? (3) Bagaimana kemenarikan multimedia menggunakan adobe flash CS5 berbasis STAD? Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan multimedia menggunakan software Adobe Flash CS5 yang berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia yang berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) untuk mengetahui kemenarikan multimedia yang berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian ini berupa multimedia adobe flash CS5 berbasis STAD yang telah dikembangkangkan pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia. Kualitas multimedia berbasis STAD pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia adalah sangat layak dengan persentase 84,17% oleh ahli materi, 86,25% oleh ahli bahasa, 84,74% oleh ahli multimedia. Sedangkan kelayakan diperoleh 85,29% oleh guru SMP dan tingkat kemenarikan 87,10% oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) multimedia berbasis STAD dari segi materi yaitu memperjelas materi dan menyusun materi berdasarkan sintak STAD. Dari segi bahasa yaitu merubah bahasa yang masih menggunakan bahasa asing. Dari segi multimedia yaitu mendesain tampilan produk agar lebih menarik dan megganti video yang sesuai dengan karakteristik siswa SMP. (2) multimedia adobe flash CS5 berbasis STAD pada pokok bahasan siste gerak pada manusia mendapatkan kriteria sangat layak dari ahl materi, ahli bahasa, dan ahli multimedia. (3) kelayakan multimedia berbasis STAD pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia memperoleh penilaian sangat layak berdasarkan penilaian guru IPA SMP dan siswa kelas VIII SMP. Kata Kunci: Adobe Flash CS5, STAD (Student Teams Achievement Division), Sistem Gerak pada Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:21
Last Modified: 17 Mar 2017 01:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item