PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI DAN POSITIONING DALAM MEMOTIVASI NASABAH MELAKUKAN PEMBIAYAAN PADA PRODUK BSM OTO DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

Aminah, Siti (2018) PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI DAN POSITIONING DALAM MEMOTIVASI NASABAH MELAKUKAN PEMBIAYAAN PADA PRODUK BSM OTO DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perbankan syariah yang sangat pesat menjadikan tingkat persaingan juga semakin ketat. Padahal produk yang ditawarkan masing-masing lembaga perbankan tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, produk perbankan harus memiliki perbedaan tersendiri pada produknya dari para pesaing. Upaya yang dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan strategi diferensiasi dan positoning. Rumusan masalah pada penelitian adalah Apakah strategi diferensiasi dan strategi positioning berpengaruh positif dan Signifikan dalam memotivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan pada produk BSM OTO, Apakah variabel strategi diferensiasi dan positioning secara simultan berpengaruh signifikan dalam memotivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan pada produk BSM OTO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi diferensiasi dan positioning terhadap motivasi nasabah melakukan pembiayaan pada produk BSM OTO. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner. Respondennya adalah nasabah BSM OTO Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 responden dengan teknik acidental sampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi berganda dengan bantuan SPSS 17. Hasil pengujian secara parsial strategi diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan dalam memotivasi nasabah. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin berbeda produk yang ditawarkan oleh bank, maka akan semakin tinggi pula motivasi nasabah untuk melakukan pembiayaan pada produk BSM OTO, sehingga Hₐ1 dapat diterima. Sedangkan strategi positioning tidak berpengaruh signifikan dalam memotivasi nasabah.Hal ini dikarenakan citra merek pada produk BSM OTO belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, nasabah lebih mengenalproduk BSM OTO sudah tercover oleh asuransi sebagai positioningnya bukan sebagai produk yang paling cepat dan produk yang lebih murah sebagaimana sesuai dengan diferensiasi produk yang diciptakan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung, sehingga Hₐ2 dalam penelitian ini tidak dapat diterima. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa strategi diferensiasi dan positioning secara bersama-sama berpengaruh dalam memotivasi nasabah. Artinya apabila strategi diferensiasi dan strategi positioning meningkat, maka akan meningkatkan motivasi nasabah dalam melakukan pembiayaan pada produk BSM OTO, sehingga dapat disimpulkan Hₐ3 diterima.Hasil koefisein determinasi (R²) sebesar 0,275 yang berarti variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 27,5% sedangkan sisanya sebesar 72,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:35
Last Modified: 30 Jul 2018 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item