Asriyanto, Doni
(2018)
ANALISIS EPISTEMIC COGNITION PESERTA DIDIK DALAM
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU
DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT
DAN FIELD DEPENDENT.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) proses dan tingkatan
epistemic cognition peserta didik kelas VIII.A SMP N 1 Wonosobo dengan gaya
kognitif field independent (FI) dalam pemecahan masalah matematika, (2) proses dan
tingkatan epistemic cognition peserta didik kelas VIII.A SMP N 1 Wonosobo dengan
gaya kognitif field dependent (FD) dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Subjek diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 4 peserta didik yaitu 2 peserta didik dengan gaya
kognitif FI dan 2 peserta didik dengan gaya kognitif FD.Instrumen dalam penelitian
ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tes pemecahan masalah. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes pemecahan masalah
matematika, observasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah
triangulasi waktu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis
Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Peserta didik dengan gaya kognitif
field independent dikategorikan dalam level epistemik dominan rasional dalam
pemecahan masalah matematika, (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field
dependent dikategorikan dalam level epistemik dominan empiris dalam pemecahan
masalah matematika.
Kata Kunci:Epistemic Cognition; Gaya Kognitif; PemecahanMasalah
Actions (login required)
 |
View Item |