PENGEMBANGAN ELECTRONIC BLOOM CARD RANAH KOGNITIF TERINTEGRASI WEB SEKOLAH BERBASIS BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS UNTUK KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Fajri, Meisya Asyifa (2018) PENGEMBANGAN ELECTRONIC BLOOM CARD RANAH KOGNITIF TERINTEGRASI WEB SEKOLAH BERBASIS BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS UNTUK KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum dalam kegiatan evaluasi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih menggunakan alat evaluasi konvensional yaitu dengan menggunakan pensil dan kertas. Berdasarkan wawancara oleh guru biologi, masih banyak kendala dalam kegiatan evaluasi menggunakan pensil dan kertas seperti masih banyaknya peserta didik yang melakukan kecurangan pada saat kegiatan evaluasi, proses penilaian oleh guru membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, soal evaluasi yang dibuat oleh guru belum melatih kemampuan berpikir kritis dan analisis pada peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu alat evaluasi digital terintegrasi web sekolah yang berbasis berpikir kritis dan analisis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall. Subyek uji coba dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Uji coba dilakukan sebanyak dua tahap yaitu uji coba skala terbatas dengan 15 peserta didik, dan uji coba skala luas dengan 30 peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli soal evaluasi, ahli materi, ahli media, ahli produk, guru biologi dan peserta didik. Kualitas Electronic Bloom Card ranah kognitif terintegrasi web sekolah berbasis berpikir kritis dan analisis adalah sangat baik dengan persentase 85% berdasarkan penilaian ahli evaluasi, 83% penilaian ahli materi, 96% berdasarkan penilaian ahli media dan 94% berdasarkan penilaian ahli produk. Sedangkan tanggapan guru biologi dengan persentase 94% dengan kriteria sangat baik, dan tanggapan peserta didik kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dalam kriteria sangat baik dengan persentase 96%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Electronic Bloom Card layak digunakan dalam kegiatan evaluasi di sekolah. Kata Kunci : Electronic Bloom Card Ranah Kognitif, Berbasis Berpikir Kritis dan Analisis, Alat evaluasi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:34
Last Modified: 26 Jul 2018 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item