PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR Di MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

DEVY, JULAICHA (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR Di MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI JULAICHA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting, ia merupakan pemimpin yang bertanggung jawab atas jalannya sistem pendidikan di madrasahnya. Salah satu tugas dan tanggung jawab kepala madrasah dalam mengatur dan mengelola administrator di madrasahnya.Dengan demikian kepala madrasah bertanggung jawab atas keberhasilan guru dalam mengajar, karena guru sebagai orang yang terdepan dan langsung bertanggungjawab terhadap perkembangan dan kemajuan siswa.Salah satu yang dapat mempengaruhi evektivitas pendidikan yaitu Administrasi sarana dan prasarana pendidikan dimadrasah merupakan dasar yang sangat penting dan harus dimengerti oleh setiap lembaga penyelenggara pendidikan dan pendidikannya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian bersifat deskriptif kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalam metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan data Reduction (reduksi data), data Display ( penyajian data), dan data Conclusion draing/verification (kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi tehnik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan melalui analisis kebutuhan (evaluasi dari madrasah), pembiayaan dan prioritas yang orientasinya pada proses pembelajaran. (2) pengadaan sarana dan prasarana diukur dari skala prioritas mana yang masih bisa dipakai dan mana yang harus di ganti. Jika dana sekolah tidak memadai maka akan diajukan kepada pemerintah. (3) pendistribusian sarana dan prasarana dengan melakukan kerjasama dengan wali kelas, dan pihak terkait. (4) pemeliharaan sarana dan prasarana setiap harinya diplihara ada petugas untuk melakukan pemeliharaan baik pemeliharaan setiap hari, setiap bulan maupun setiap tahun, baik itu gedung atau peralatan sarana belajar mengajar. (5) inventarisasimelalui pencataan melalui aplikasi yang telah dibuat oleh pemerintah. Pembuatan kode barang dan pelaporan barang, baik barang milik negara atau barang sumbangan wali murit melalui komite. (6) penghapusan barang yang sudah tidak dapat dipakai atau rusak berrat. (7) pelaporan dilakukan melalui aplikasi BMN dan laporan tertulis. Setiap tahun dilaporkan secara rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:00
Last Modified: 25 Jul 2018 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item