PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG

Rif’aturrofiqoh, Gustin (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI GUSTIN.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pencapaian nilai kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih banyak yang rendah. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an adalah metode yanbu’a. Untuk itu metode yanbu’a digunakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Bandar Lampung agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan. Rumusan masalah penelitian adalah adakah pengaruh yang signifikan penggunaan metode yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan design Quasi Ekperimen, bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel yang diteliti yaitu seluruh kelas IV MIN 7 Bandar Lampung yang berjumlah 41 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan (praktik) membaca Al- Qur'an, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2-tailed) = 0,586 dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2-tailed) = 0,158 dengan nilai α = 0.05, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karena jika Sig > α (0.05), (0,586>0,05) dan (0,58>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk sig > α (0.05) menunjukkan nilai 0,668, hal ini berarti (0,668>0,05) jadi data dinyatakan homogen atau sama. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,04 maka sesuia dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika sig <0,05 (0,04<0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dikelas IV MIN 7 Bandar Lampung”. Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:44
Last Modified: 25 Jul 2018 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item View Item