EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS V MIS MASYARIQUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG

Juwantara, Ridho Agung (2018) EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS V MIS MASYARIQUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF (ABSTRAK)
Download (425kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu kepramukaan merupakan sebuah ekstrakurikuler yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai karakter pada siswa khususnya sikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai kepramukaan menghiasi perilaku setiap anggota Pramuka yang merupakan nilai-nilai positif yang diajarkan dan ditanamkan dalam pribadi setiap para anggota pramuka. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai karakter dan bagaimana karakter siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai karakter serta mengamati karakter siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mencakup tiga ukuran efektivitas yakni ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya meliputi Waka Kesiswaan, Pembina Pramuka, Dewan Ambalan, dan Siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu rekaman audio video, catatan lapangan, dan foto. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MIS Masyariqul Anwar 4 Bandar Lampung dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut diperoleh dari hasil ukuran efektivitas yakni Ketepatan sasaran program dimana sudah menerapkan nilai-nilai karakter, Pelaksanaan program setiap hari jum’at pukul 10.00, Kegiatan pemantauan secara rutin dilakukan oleh Waka Kesiswaan, Pembina pramuka, serta Dewan Ambalan. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan pengamatan sikap siswa kearah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:18
Last Modified: 24 Jul 2018 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item