STRATEGI DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT DI KUA KALIREJO LAMPUNG TENGAH

Rohmah, Nur (2018) STRATEGI DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT DI KUA KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kantor Urusan Agama sebagai perpanjangan tangan Kementrian Agama memiliki banyak peran yang sangat krusial. Pada dasarnya semua organisasi memerlukan adanya strategi dalam pelayanan, dengan adanya strategi di sebuah organisasi atau instansi pemerintahan seperti KUA di Kalirejo maka di harapkan semua kinerja pelayanan yang sudah di rencanakan dapat sesuai rencana. Karena kinerja merupakan unsur penggerak serta perwujudan determinasi diri agar dalam mengerjakan suatu pekerjan itu dilakukan tidak setengah-setengah, tetapi dengan segenap kekuatan dan kemampuan yang dimiliki dalam arti kata sesorang harus profesional dalam bekerja agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu serta bisa menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi pemerintahan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat diambil rumusan masalah yaitu Bagaimana Strategi Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pelayanan Masyarakat di KUA Kalirejo Lampung Tengah? Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field research maka dari itu peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh pengurus yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kalirejo Lampung Tengah yang berjumlah 8 pegawai KUA. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Dari populasi yang diteliti agar lebih spesifik perlu diadakan pemilihan objek secara khusus yang akan diteliti. Berdasarkan penelitian diatas maka peneliti mengambil seluruh populasi yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kalirejo sudah cukup baik namun perlu adanya optimalisasi dari pihak pegawai agar pelayanan KUA dapat maksimal, di KUA kecamatan Kalirejo sebenernya sudah mempunyai beberapa strategi-strategi khusus dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan pegawai seperti sebagai berikut: 1) Adanya aturan-aturan tentang kedisiplinan masuk jam kerja tepat waktu, 2) Kebersamaan: kita akan bisa menangani kegiatan kalau kebersamaan akan terjalin dengan baik antara teman pegawai, atasan dengan bawahan, begitupun sebaliknya, komunikasi, keakraban dan saling meghormati satu sama lain, 3) Pemimpin memberikan keteladanan kepada pegawai. 4) Menciptakan suasana kerja yang kondusif penuh dengan kekeluargaan antar pegawai, 5) Memberikan motivasi kepada pegawai melalui pembinaan, diklat, workshop dan seminar. 6) Pegawai memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mempermudah syarat dalam pelayanan di KUA Kalirejo, menerapkan 5 S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan dan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:34
Last Modified: 24 Jul 2018 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item